Terrapuri Heritage

Salah satu rumah di Terrapuri Heritage

Salah satu rumah di Terrapuri Heritage

Terrapuri Heritage berada di Kampung Mangkuk, Setiu, Terengganu-Malaysia. Terinspirasi dari abad ke 17, ย Terrapuri Heritage adalah rumah klasik Terengganu pada zaman dahulu, tapi sekarang dilestarikan lagi di kawasan ini. Di sini, terdapat 29 rumah kalsik yang usianya diperkirakan ratusan tahun. Di sini, rumah-rumah yang ada tak melulu dijadikan sebagai villa, tapi ada juga dijadikan sebagai spa, galeri, restoran dan lain sebagainya.

Sabtu 12 April 2014, setelah menikmati makan siang di tepi pantai Terrapuri Heritage saya memasuki kawasan Villa. Karena sudah masuk waktu dhuhur, saya bersama dengan kak Rosmaria Bakri mencari celah villa yang kosong untuk kami jadikan tempat shalat. Sempat bingung juga, di mana villa yang boleh kami gunakan. Tapi, rupanya kita bebas aja mau menggunakan vila yang mana. ๐Ÿ™‚

Masuk ke vila, kita disajikan dengan arsitektur yang bener-bener klasik. Pintu kayu yang kuncinya pakai selot kayu (tahu, gak, kayak gimana? :D) tempat tidurnya khas banget ala-ala tempat tidur kerajaan zaman dulu. Meja riasnya pun klasik banget. Lemari? Jangan tanya, ia beneran lemari zaman dulu. Saya jadi ingat lemari waktu kecil-kecil dulu. Eh, tapi yang lemari ini saya nggak punya fotonya :/. Kamar mandinya juga unik

Selesai shalat, kami lepak-lepak di beranda vila. Surprise ketika tahu rumah-rumah yang ada di sini tak ada satu pun dibangun menggunakan paku. Subhanallah. Keren! Gimana ceritanya rumah dibangun tanpa paku satu pun? Perpaduan kayu cengal dan penaga untuk bangunan rumah inilah yang membuat bangunan rumah ini kuat tanpa paku. Selain itu, rumah ini mudah untuk dibongkar pasang. Hebat!

Rumah-rumah di sini dikasih nama yang berbeda-beda. Seperti, Rumah Kedai Buluh, Rumah Paloh, Rumah Seberang Takir, Rumah Binjai Rendah, Rumah Sungai Mas, Rumah Nibong, Rumah Tembakang, Rumah Gelugor raja yang mewarisi kawasan negeri Terengganu. Kalau dilihat perbedaan nama-nama rumah ini adalah jatuhnya pada perbedaan harga penginapan. Misalnya, Rumah Tembakang dengan satu size king bed dihargai RM. 899.00. Sedang untuk Rumah Kedai Buluh masih dengan satu size king bed dihargai dengan RM. 999.00. Terlihat mahal sepertinya, tapi untuk tahun ini Terrapuri Heritage sedang mengadakan promosi.

Daftar harga promosi

Daftar harga promosi

Cuaca siang itu terasa panas. Bahkan sangat panas. Sayangnya kipas yang ada di ruangan tak bisa digunakan. Kalau pun bisa dipake tidak terasa anginnya. Mungkin, ini saran buat pengelola, saatnya beralih ke ac yang baru ๐Ÿ™‚

Beranda tempat kita lepak-lepak

Beranda tempat kita lepak-lepak

Pintunya bener-bener klasik ^_^ pintu zaman dahulu kala :)

Pintunya bener-bener klasik ^_^ pintu zaman dahulu kala ๐Ÿ™‚

Kamar mandinya ala-ala zaman dulu yang dipadu padankan dengan moderintas :)

Kamar mandinya ala-ala zaman dulu yang dipadu padankan dengan moderintas ๐Ÿ™‚

Meja rias

Meja rias

Ini foto dokumentasinya Novi. Cantik! Saya suka :)

Ini foto dokumentasinya Novi. Cantik! Saya suka ๐Ÿ™‚

tr15

Meski melayu klasik, jangan salah lainnnya digabung dengan modern. Kayak kolam renang ini :)

Meski melayu klasik, jangan salah lainnnya digabung dengan modern. Kayak kolam renang ini ๐Ÿ™‚

tr24

tr25

ย Terrapuri Heritage Village, kampung Mangkuk, 22120 Terengganu Malaysia. Nomor telepon, +6096245020/+6096312081. Email, info@terrapuri.com. Website,ย http://terrapuri.com/.

Advertisements

14 thoughts on “Terrapuri Heritage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s