Hotel Majapahit

Konon, menurut wikipedia hotel majapahit merupakan sebuah hotel mewah bersejarah. Ia terletak di Jalan Tunjangan, Surabaya, Jawa Timur. Dahulu kala, hotel ini namanya LMS (nggak disebut pulak LMS itu singkatannya apa), lantas diubah menjadi nama Hotel Oranje, Hotel Yamato dan juga Hotel Hoteru. Lah, ternyata nama hotel juga bisa galau. Diubah-ubah gitu 😀

Masih menurut wikipedia, hotel ini dibangun pada tahun 1910 oleh Sarkies Bersaudara. Aih, siapa pulak ini Sarkies? Sarkies ini berasal dari Armenia. Konon, Hotel Majapahit merupakan hotel mewah bintang lima dengan total kamar 143 di lantai satu dan dua.

Ternyata, menurut wikipedia di hotel ini juga pernah terjadi sebuah sejarah. 19 September 1945, sekelompok orang Belanda yang dipimpin oleh Pluegman mengibarkan bendera Belanda di dipuncak sebelah kanan hotel. Nah, para pejuang Indonesia nggak mau berdiam diri, mereka merobek warna biru pada bendera Belanda sampai kemudian hanya tinggal dua warna merah dan putih. Dalam kejadian ini mengakibatkan terbunuhnya Mr. Pluegman.

Hmmmm…. Pantas saja kesan angker tergambar di hotel ini. Saya menjejakan kaki di Hotel Majapahit 13 Desember tahun lalu, saat mengikuti ajang penganugerahan Perempuan Inspiratif Nova 2014 (PIN 2014). Hari pertama, nggak sempat eksplore karena sudah disibukkan dengan jadwal. Barulah ketika pagi hari saya menyempatkan diri mencuri-curi waktu sebelum sarapan untuk mengambil gambar. Sendirian pastinya, karena 11 perempuan hebat lainnya menunggu di lobi. Dan saya seorang diri keliling pagi-pagi di area hotel. Meski nggak semuanya saya susuri.

Dan inilah hasil aspret dengan hape. Eh, ini saya posting dari hape. Meni keren kalau di WP, mah, nggak acak-acakan gitu. Nggak kayak di blogspot #Mbandinginnnnnn 😀

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Hotel Majapahit

image

image

image

image

image

image

image

Advertisements

20 thoughts on “Hotel Majapahit

  1. Olive B says:

    emang enak pake wp, sering ngutak atik postingan dari hp aja 😉

    btw gambar nomor 2 dari bawah, di kiri sana ada toilet aku dikerjain sama noni belanda di situ. kameraku mati mendadak saat motret di dalam & nggak mau nyala sampai keluar dari Majapahit padahal udah minta ijin mau moto hehehe.

  2. Sunandar says:

    Hai Anaz… fotonya keren2. Aku paling suka foto no 2 terus 11,12,13… waaahh terus berkarya ya Anaz…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s