Orang Tua Angkat Di Cirebon

Abi sama Ummi ^_^

Abi sama Ummi ^_^

September tahun lalu, ketika mengikuti ajang Festival Destika 2014 saya singgah dan bermalam di Kota Cirebon. Sebetulnya, ini bukan singgah tapi lebih kepada nyasar yang tak disengaja dan membawa berkah. Saya datang ke Majalengka seorang diri, dengan keadaan buta sama sekali tak tahu menahu mengenai Majalengka. Kata Mas Pradna, salah seorang teman yang menjadi penyelenggara dan panitia Festival Destika 2014 nanti di Stasiun Cirebon akan ada penjemputan dari panitia, namanya Kang Abu. Berbekal kepercayaan itulah saya berangkat menaiki kereta api dari Stasiun Senen menuju Stasiun Cirebon.

Saya lupa menaiki kereta apa, menjelang jam sebelas, saya sudah sampai di Stasiun Cirebon. Berkali-kali, sejak hari kemarinnya saya sudah menghubungi kang Abu baik via SMS maupun chat whatsapp. Tapi tiada berbalas. Bahkan, sampai saya di Cirebon. Cukup lama duduk di ruang tunggu pun tak ada jawaban. Akhirnya saya mencari alternatif lain. Alternatif lain adalah mencari kontak teman orang Cirebon. Setahu saya, saya tak begitu banyak memiliki teman di Cirebon. Tapi yang saya ingat, saya memiliki orang tua angkat dunia maya yang tak pernah sekalipun bertemu dan mereka tinggal di Cirebon.

Pak Syarifudin dan Bu Muslimah, keduanya saya mengenal beliau dari yahoo messenger tahun 2007 lalu. saya memanggilnya Abi dan Ummi. Meski tak pernah bertemu, saya kerap menelpon ke rumah Abi. Saya pun mengenal anak-anak Abi dan Ummi yang sudah saya anggap seperti adik-adik sendiri. Saya pernah mengirimi adik-adik angkat ini hadiah dari Malaysia. Pokoknya, mah kayak keluarga gitu. Tapi belum sekalipun bertemu.

Nah, siang itu pas lagi bengong-bengong di stasiun saya teringat Ummi. Malangnya, saya tak ada satu pun nomor hape yang tertinggal dikarenakan hape saya hilang beberapa kali. Tak menyerah, saya menelusuri obrolan chat di facebook beberapa tahun lalu. Alhamdulilah, nomor Abi sama Ummi ketemu. Saya langsung menelpon Ummi dan alhamdulilah lagi nomornya masih aktif. Telpon saya tidak diangkat, bahkan langsung dimatikan. Tak lama setelah itu ada SMS masuk

“Punten, sapa, ya?”

“Assalamu’alaikum… Ummi, ini Ana.”

“Waalaikumsalam. Alhamdulilah, Ana gimana kabarnya?”

“Alhamdulilah baik. Ummi, Ana lagi di Stasiun Cirebon, mau ke Majalengka. Rumah Ummi jauh, gak dari stasiun?”

“Alhamdulilah kalau baik. Kalau rumah Ummi lumayan jauh. Mampir ke rumah Ummi dulu,” jawab Ummi via SMS. Nah! Niat saya memang mau mampir, Ummi. Saya nyengir dalam hati.

“Naik apa ke rumah Ummi? Bisa naik ojekkah?”

“Ana ada di Stasiun Cirebon mana? Ana sama siapa?”

Setelah sahut-sahutan via SMS akhirnya saya menuju rumah Ummi di Kalitanjung menaiki becak. Menurut Ummi, patokannya nanti Puskesmas Kalitanjung. Alhamdulilah lagi ketemu tukang becak yang baik, mengantarkan saya sampai ke tujuan, bahkan menunggu sampai saya bener-bener ketemu Ummi. Setelah bertemu dengan Ummi, barulah tukang becak meninggalkan saya. Rupanya, rumah yang di depan Puskesmas Kalitanjung itu bukan rumah Ummi, tapi rumah orang tuanya Ummi. Kata Ummi, itu memudahkan untuk dicari karena berada di tepi jalan besar.Β Dari rumah orang tuanya Ummi, saya baru diajak ke rumah Ummi.

Sorenya, ketika Abi pulang kerja tentunya terkejut melihat saya ujug-ujug ada di rumahnya :D. Abi sama Ummi menasihati supaya malam itu saya menginap saja di rumah, baru besoknya ke Majalengka. Saya manut saja. Esoknya, Ummi mengantarkan saya ke Majalengka, karena Abi ada urusan kerja. Kembali saya diwanti-wanti, setelah dari Majalengka diminta pulang lagi ke rumah. Lagi-lagi, saya manut. #AnakBaikBaikStyle ekekekeke….

Hari Sabtu sore, saya kembali pulang ke Cirebon. Setelah maghrib, Abi dan Ummi mengajak saya menikmati makan nasi jamblang. Malamnya, kami menyusun rencana esok mau ke mana aja. Minggu pagi, Ummi mengajak saya ke pasar membeli macam-macam jajanan pasar untuk sarapan pagi. Ummi menawari saya macam-macam, tapi saya banyak menggeleng.

“Ummu kalau ke pasar mintanya macam-macam,” kata Ummi menceritakan adik saya yang bungsu, Ummu.

“Lah, Ummu, kan masih kecil, Mi. Masa Ana disamain sama Ummu?” Ummi cuma ketawa aja pas saya bilang gitu.

Siangnya Abi sama Ummi mengajak saya ke Gua Sunyaragi. Dari Gua Sunyaragi ke Kraton, dari situ baru pulang. Malamnya saya masih menginap di rumah Abi sama Ummi. Barulah esok Seninnya. saya pulang ke Pemalang. Lagi-lagi, Abi sama Ummi mengantar saya sampai di terminal bahkan sampai saya naik bus. Sebelum naik bus, Umi memaksa saya menerima uang pemberiannya. Tapi saya menolak, Abi sama Ummi tetep maksa dan saya juga tetep maksa menolak pemberian uangnya. Hiks, Ya Allah, dari kemarin saya udah diajak jalan ke mana-mana, makan dan lain-lain itu semua dibayarin. Masak iya, pas mau pulang dikasih uang lagi? 😦 terharu….

Terima kasih banyak, Abi, Ummi. Februari lalu ketika main ke Cirebon bersama Nita, saya juga kembali nginep di rumah Ummi. Hanya kemarin yang nggak mampir karena Abi sama Ummi lagi ke Bogor ada perlu. Maka nikmat Tuhan manalagi yang saya dustakan, ketika di jagad dunia ini saya selalu ditemukan dengan orang-orang yang baik. Segala puji hanya bagi Allah…

Alhamdulilah, akhirnya makan nasi jamblang, setelah sekian lama hanya ngebayangin aja :D

Alhamdulilah, akhirnya makan nasi jamblang, setelah sekian lama hanya ngebayangin aja πŸ˜€

Jajanan pasar ^_^

Jajanan pasar ^_^

Cenil ^_^

Cenil ^_^

Serabi :)

Serabi πŸ™‚

Serabinya ada isi ^_^

Serabinya ada isi ^_^

Pas jalan pulang dari pasar, nemu rumah keren ini ^_^

Pas jalan pulang dari pasar, nemu rumah keren ini ^_^

6 thoughts on “Orang Tua Angkat Di Cirebon

  1. itsmearni says:

    Wah keren
    Itulah berkah orang baik ya, teman, sahabat, kakak, bahkan orang tuanya tersebar dimana-mana
    Btw itu aneka makanannnya bikin ngeces ih. Trus rumah paling bawah itu rumah kosong atau ada yanf nempatin?

Leave a Reply

