Menyusuri Bukit Fraser Peninggalan British

Icon Bukit Fraser

Icon Bukit Fraser

Esok pagi di Rumah Rehat Sri Berkat, kami bersiap-siap mengemas semua barang karena pagi itu setelah selesai sarapan kami harus chek out. Ya, kami hanya semalam menginap di Rumah Rehat Sri Berkat. Usai menikmati sarapan pagi, kami bergegas menuju bus, memasukan semua bawaan berat ke dalam bagasi bus, kemudian beramai-ramai kami berjalan pagi menuju Bukit Fraser. Morning Walk, begitulah yang tertera dalam jadwal.

Menyusuri jalan yang tak begitu luas, kami lebih banyak haha hihi sambil foto-foto. Riuh sesama sendiri. Sesekali, saya beriringan dengan teman-teman dari Indonesia, atau dengan teman-teman dari Malaysia dan kadang asyik sendiri ketika melihat objek foto yang menyenangkan. Bangunan-bangunan di sini, hampir semuanya serupa bungalow yang ciri-cirinya berarsitektur british. Yah, kayak yang ditulis di sini kemarinΒ .

Etw 3.0 part 2

Gambar di atas dari blog Eazy

Bukit Fraser berada di Pahang. Tapi kalau melihat letak geografisnya, antara Selangor dan Pahang hanya jeda tidak sampai satu langkah di sini. Jadi, semacam perbatasan gitu. Monumen Bukit Frasernya sendiri memang masuk Negeri Pahang. Sementara untuk Rumah Rehat Sri Berkat, berada di Negeri Selangor. Bingung? Saya sih enggak hehehehe.

Nah, ini batas Selangor dan Pahang :D

Nah, ini batas Selangor dan Pahang πŸ˜€

Bukit Fraser merupakan kawasan wisata pegunungan. Suhu normal antara 17-24 derajat celcius. Teman-teman dari Malaysia bilang, kali ini Bukit Fraser tak begitu sejuk, karena dampak elnino yang berkepanjangan. Dataran tertinggi Bukit Fraser adalah 1,310 meter di atas permukaan laut. Kira-kira 104 kilometer dari kota Kuala Lumpur. Asal nama Bukit Fraser sendiri berasal dari seorang pengembara British pada zaman kolonial yaitu Louis James Fraser.

Rata-rata bangunan di sini bercirikan bangunan kolonial Inggris. Dinding rumah dari batu konkrit besar yang disusun dan disemen. Warna di dinding berwarna putih dengan diselang seli warna hitam pada tiang. Pagar rumah dibuat dari pada pohon atau bunga yang berjajar. Berjalan menuju Bukit Fraser, kami bertemu dengan dua orang bule yang sedang meneliti burung. Kata Auntie Laura, pak Cik bule itu kesal dengan kami karena sangat berisik, menyebabkan burung-burung beterbangan menjauhi mereka :D. Dan dua Pak Cik bule itu manyun. Maafkan kami, Pak Buleeee πŸ™‚

Di Bukit Fraser, pekerjaan kami hanya foto, foto, foto dan foto. Karena nggak ada aktivitas lainnya selain foto πŸ˜€

Bagaimana caranya pergi ke Bukit Fraser? Menurut wikipedia bahasa melayu, ada dua cara menuju Bukit Fraser Β yaitu:

Dari Dari Kuala Lumpur menuju ke Rawang, Kuala Kubu Bharu, Ampang Pechah dan Gap. Seterusnya mendaki secara terus tanpa menggunakan masa lagi ke Bukit Fraser.
Dari Kuala Lumpur ke Bentong, Raub, Tranum dan Gap. Seterusnya mendaki secara terus tanpa menggunakan masa lagi Gap ke Bukit Fraser.

Ternyata betul, jarang ada bus sampai ke Bukit Fraser dan, pak Cik sopir bus kami memang keren! Alhamdulillah, terima kasih, Pak Cik sudah menyetir dengan selamat Β πŸ™‚

Ciri khas bangunan-bangunan di Bukit Fraser

Ciri khas bangunan-bangunan di Bukit Fraser

Mas Danan, saya, Sham. Mbak Oliv dan Mas Eka ^_^

Mas Danan, saya, Sham. Mbak Oliv dan Mas Eka ^_^

Tempat-tempat kayak gini selalu menarik dan unik :)

Tempat-tempat kayak gini selalu menarik dan unik πŸ™‚

Banyak aspret di sini :D

Banyak aspret di sini πŸ˜€

IMG_20160422_093619

Panorama

 

Aspret

Aspret

Aspret lagi

Aspret lagi

Ini bangunan dekat Rumah Rehat Sri Berkat

Ini bangunan dekat Rumah Rehat Sri Berkat

Plang-plang jalan

Plang-plang jalan

Ini balai polis kalau nggak salah

Balai polis

Advertisements

7 thoughts on “Menyusuri Bukit Fraser Peninggalan British

  1. tuaffi says:

    Kalau suhu normalnya 17 -24, ya dingin berarti mbak. Mungkin mirip Batu malang gitu ya. πŸ˜€ Kursi yang kayak gitu bikin betah foto. Bukannya betah duduk. Hoho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s